Minggu, 03 April 2011

Open House SMKN 1 Cimahi tahun 2011

Peta nusantara yang terbuat dari ratusan (atau ribuan) tutup botol, wow!!

Rupanya Openhouse yang dilaksanakan tanggal 23 Maret kemarin dan bertemakan "Bhineka Tunggal Ika" ini gak kalah seru dengan tahun lalu, malah lebih meriah! Kalau tahun lalu kita laksanakan Openhouse selama 3 hari, tahun ini kita laksanakan 4 hari. Hari pertama (Rabu) sebenarnya terpaksa Openhouse harus dimulai karena ada kesalahan penulisan tanggal pelaksanaan saat penyebaran undangan, padahal pembukaannya baru dilaksanakan keesokan harinya (Kamis). Tetapi justru hal ini dapat dilaksanakan dengan baik oleh jurusan-jurusan yang sudah siap memamerkan keahlian mereka lebih awal.

Sempat ada hal yang mencengangkan juga sewaktu Kesiswaan mengumumkan bahwa akan ada pemadaman listrik dihari kedua. Namun semuanya dapat berjalan dengan lancar, karena pemadaman hanya terjadi selama kurang lebih 4 jam. Malah pengunjung yang datang semakin ramai, karena event kali ini dimeriahkan pula dengan persiapan dan pembukaan pertandingan basket PopMie antar SMA, dimana kami sebagai tuan rumahnya. Hal ini ditegaskan kembali oleh Kepala Sekolah bahwa, tahun ini memang lebih meriah daripada tahun lalu, sehingga dapat dinyatakan bahwa Openhouse dalam rangkaian Dies Natalis SMKN 1 Cimahi ini telah sukses, ses, ses!

Berikut beberapa foto hasil kreasi siswa-siswi SMKN 1 Cimahi:

Salah satu karya siswa jurusan Kontrol Mekanik
Alat pendeteksi banjir karya siswa jurusan Listrik Industri
Automatic Hand Dryer karya siswa-siswi jurusan Kontrol Proses
Oscilloscope mini karya siswa Elektronika Industri
Suasana di dalam Workshop Rekayasa Perangkat Lunak
Suasana di luar Workshop Teknik Transmisi
Penguat sinyal dari bahan rumah tangga karya siswa-siswi jurusan TKJ
Suasana karaoke-spot dalam Ruang Pendingin di Workshop Teknik Pendingin 
Kumpulan film, talk show, iklan dan karya-karya terbaik siswa-siswi jurusan TP4.

Mereka semua saling bersaing memamerkan kreativitas masing-masing, karena jurusan yang paling "sukses" menyelenggarakan Openhouse akan mendapatkan penghargaan dari sekolah. Daaan.. inilah jurusan-jurusan yang berhasil meraih penghargaan tersebut:

Juara I, Teknik Elektronika Industri (Eind) - yeah, jurusan kita!

Dari mulai masuk, kita dapat melihat ruangan pertama dibagi menjadi 3 bagian yang dipisahkan oleh 2 garis (Weber dan Wallacea), mewakili 3 daerah pembagian waktu di seluruh Nusantara. Kemudian di ruangan kedua ada semacam "pesta rakyat" yang mewakili persatuan ke3 daerah tadi. Terakhir, di pintu keluar hingga koridor dipaparkan foto-foto pahlawan, mengingatkan bahwa persatuan tersebut dapat terwujud adalah berkat jerih payah mereka.

Juara II, Teknik Produksi dan Penyiaran Program Pertelevisian (TP4)

Begitu masuk kawasan Workshop, kita dapat menyimpulkan bahwa konsep Openhousenya adalah menonjolkan warna-warni Indonesia. Saat berkeliling, kita serasa menjelajahi pulau-pulau di seluruh Nusantara, karena ruangannya yang terpisa-pisah. Ada bagian yang mengekspos suasana pedalaman Irian Jaya, metropolitan Jakarta, pedesaan Jawa Barat hingga mistik pulau Dewata.
Juara III, Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

Konsep dari Openhouse TKJ adalah perkampungan dan teknologi. Disini mereka menunjukkan bagaimana sebuah sistem topologi jaringan sederhana namun terorganisir dapat diaplikasikan dalam suatu sistem pedesaan. Singkatnya, disini kita akan melihat sebuah desa kecil yang asri, namun berteknologi modern. Sebuah paradoks yang mewakili "Bhineka Tunggal Ika", walaupun keduanya amat berbeda (perkampungan dan teknologi), namun dapat bersatu demi satu tujuan yang sama.





Selamat bagi jurusan-jurusan diatas, semoga dapat memotivasi jurusan lainnya untuk terus berkarya demi nama baik sekolah kita! fire!

5 komentar:

  1. edan keren banget Disnatalisnya, siapa sih ketuplaknya??

    BalasHapus
  2. percumah dikasih tau juga.. gak akan kenal! :P

    BalasHapus
  3. monggo #telaaaaaaaaaaaat setelat-telatnya :p

    BalasHapus