Senin, 24 Mei 2010

Robot Juga Bisa Main Musik


dari tempointeraktif.com - Kini robot tak hanya menjalankan fungsi teknis misalnya sebagai robot pemadam kebakaran, melakukan pekerjaan rumah dan operasi hingga memainkan sejumlah alat musik. Kita sudah tahu bagaimana sebuah robot konduktor menampilkan ansambel Wilmott, tapi belum ada kawanan robot yang memainkan sebuah orkestra. Karmetik Machine Orchestra telah membuktikan bahwa robot juga bisa melantunkan lagu yang enak didengar.


Karmetik Machine Orchestra yang diciptakan seorang musik supervisor dari California Institute of Arts di Los Angeles, Ajay Kapor yang kini sedang menyiapkan diri untuk konser pada 13 Mei mendatang pada pertunjukan CalArts di Los Angeles. Robot-robot yang diciptakan Ajay dapat memainkan sejumlah alat musik, seperti menggebuk drum, memukul gong dan memetik gitar.

Cara kerjanya, robot-robot ini menggunakan alat sensor data untuk menginterpretasikan gerakan-gerakan yang ditampilkan artis pada sebuah pertunjukan. Jadi, bukan mustahil jika robotlah yang membuat alunan nada untuk mengiringi lenggak-lenggok penari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar