Senin, 24 Mei 2010

Robot Penghulu


dari inilah.com - Di balik tirai hitam beberapa langkah di belakang robot tampak seorang pria yang berjongkok, dan mengatur perintah untuk I-Fairy dari komputer.

Jepang merupakan negara dengan industri robot paling berkembang di dunia di mana pemerintah mendukung secara aktif pertumbuhan bagian masa depan ini.

Industri di pabrik-pabrik masih standar, namun baru-baru ini perusahaan Jepang mengusahakan penggunaan robot ke dalam kehidupan sehari-hari.

Honda telah membuat robot berukuran anak yang dapat bejalan, dan beberapa perusahaan lain mengembangkan produk ini untuk menghibur orangtua atau bermain baseball.

Kokoro, perusahaan yang memiliki target ‘menyentuh hati manusia’ juga membuat robot dinosaurus raksasa untuk pameran dan model android yang seperti hidup dan dapat tersenyum serta tertawa. Perusahaan ini juga pemilik hak paten dari Hello Kitty dan beberapa karakter Jepang lain.

“Ini benar-benar menyenangkan. Saya rasa Jepang memiliki perasaan yang kuat, bahwa robot adalah teman kita. Bagi mereka di industri robot kebanyakan memahami soal ini, namun sebagian besar orang ingin robot di sisi mereka untuk melayani beberapa tujuan,” kata pengantin perempuan Satoko Inoue, 36 tahun, yang bekerja untuk pabrik Kokoro yang membuat robot ini.

I-Fairy dijual sekitar 6,3 juta yen (Rp 625,8 juta) dan tiga unit telah digunakan di Singapura, Amerika Serikat dan Jepang, ujar juru bicara perusahaan Kayako Kido.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar